Membuat SIM di Jerman

Cara Membuat SIM di Jerman

 
Ada dua cara untuk membuat SIM di Jerman. Bisa memulai dari nol atau umschreiben bagi yang sudah pernah memiliki SIM Indonesia.

Cara 1: Dari Nol

– Ke Fahrschule, ikut paketnya.
– Wajib ikut kelas teori 14x dan kelas praktek 12x.
– Umumnya, kelas praktek hanya bisa diikuti setelah lulus ujian teori.
– Umumnya biaya sekitar 2000€, tergantung jumlah kursus dan kelulusan ujian.

Cara 2: Umschreiben

Untuk SIM Indonesia, wajib ikut tes tertulis dan praktek. Tidak wajib ikut kursusnya (Fahrstunde).
Prosesnya:
  1. Mulai dengan buat terjemahan SIM Indonesia di ADAC. Prosesnya memakan waktu kira-kira 2 minggu.
  2. Sambil nunggu terjemahan, bisa langsung cari Fahrschule terdekat. Walaupun umschreiben, tes teori dan praktek semua harus melalui Fahrschule, jadi kalian harus daftar sebagai Fahrschuler di sana.
  3. Dari Fahrschule biasanya mereka ada tempat ‘langganan’ untuk Sehtest dan kelas Ersthilfemaßnahmen atau lebensrettenden Sofortmaßnahmen. Ini juga wajib diambil sebagai persyaratan.
  4. Masih nunggu terjemahan? Mulai persiapan ujian teori. Biasanya tiap Fahrschule merekomendasikan Lernmaterial, beli aja dan rajin-rajin belajar dari sana. Memang keluar uang, tapi kalau harus mengulang tes teori, biayanya lebih mahal.
  5. Semua dokumen sudah lengkap? Isi Antrag auf Erteilung der Fahrerlaubnis, biasanya Fahrschule selalu sedia dokumen ini dan mereka akan bantu kamu nulis Antragnya, kamu tinggal ttd.
  6. Bawa semua dokumen ke Führerscheinstelle atau Bürgeramt untuk mendaftar sebagai “pembuat SIM”. Bearbeitungsdauer 1-2 minggu. Sementara itu tetep persiapan untuk ujian teori.
  7. Kalau Antrag kalian udah disetujui oleh Bürgeramt, kalian akan dikabari oleh Fahrschule, dan boleh mulai daftar untuk ujian teori. Pendaftaran ujian teori juga melalui Fahrschule. Jangan underestimate ujian teori. Ga gampang. Sekali ga lulus ujan teori, kalian harus nunggu 2 minggu untuk bisa daftar ujian yang selanjutnya.
  8. Lulus ujian teori? MANTAP! Next step, ujian praktik. Kebanyakan Farschule ga akan ngebiarin kamu langsung daftar ujian praktik, biasanya sang Fahrlehrer ingin liat dulu kemampuan menyetir kamu. Jadi mungkin kamu akan butuh beberapa Fahrstunde. Memang tidak wajib, tapi…sicher ist sicher, lebih baik keluar uang untuk beberapa Fahrstunde daripada ga lulus ujian praktik.
  9. Lulus ujian praktik? GRATULIERE! Bawa surat keterangan dari TÜV tentang kelulusan kalian ke Führerscheinstelle di kota kalian. Bearbeitungszeit: 5 menit.
Total dokumen yang dibutuhkan:
  • Paspor
  • Data lapor diri di Rathaus, lengkap dengan tanggal masuk Jerman dan tempat tujuan
  • 1 pasfoto biometris
  • SIM Indonesia dengan terjemahan dari ADAC
  • Hasil tes ketajaman mata (Sehtest)
  • Surat tanda pendidikan pertolongan pertama
Perkiraan biaya yang dikeluarkan:
  • Grundbetrag di Fahrschule: 100€
  • Vorstellung zur theoretischen Prüfung: 70€
  • Praktische Prüfung Klasse B : 120€
  • Praktek setir: 40€ /45 menit
  • Biaya TÜV untuk ujian teori: 21€
  • Biaya TÜV untuk ujian praktek : 85€
  • Lernmaterial: ca. 75€
  • Biaya Terjemahan ADAC: 85€
  • Ersthilfekurs dan Sehtest: ca. 50€

Info tambahan:

  • SIM berlaku sampai 15 tahun sejak kalian lulus ujian praktik.
  • Ujian praktek bisa diluluskan sampai maksimal 1 tahun setelah ujian teori.
  • Aturan baru sejak Januari 2013, kalau membuat SIM Jerman dengan Umschreiben, tidak diperkenankan memegang 2 SIM sekaligus, yang berarti salah 1 SIM (Indonesia atau Jerman) harus dititipkan di Führerscheinstelle dan setelah 3 tahun, SIM Indonesia akan dimusnahkan.
  • Tempat Führerscheinstelle, Bürgeramt, ADAC dan Fahrschule di kota kalian? Cari di sini. 
Tips lulus ujian teori dan praktik:
  1.  Harus rajin, untuk lulus ujian teori sebetulnya ga harus bener-bener pinter kayak klausur. Biasanya tiap Fahrschule punya buku ‘ajaib’ yang isinya lebih dari 1000 soal yang dari sana 30 nya akan keluar di ujian. Jadi intinya..antara kalian lulus atau kalian males.
  2. Harus rendah hati. Memang kalian udah bertahun-tahun punya SIM Indonesia dan ‘jam terbang’ nya udah banyak. Tapi sayangnya..tabiat dan kebiasaan kita di jalanan Indonesia ga cocok dengan aturan di Jerman. Jadi, lebih baik ikutin tips dan saran dari Fahrlehrer dengan rendah hati. Mengubah kebiasaan memang ga gampang.
Ga seperti di Indonesia, ujian teori di sini ternyata ga sinnlos. Dari persiapan dan ujian teori itu kalian akan belajar aturan-aturan yang kalian butuh selama ujian praktik.

GOOD LUCK!

Stand: 26.08.2015
Iklan

7 responses to “Membuat SIM di Jerman

  1. ada yang bisa bantu link belajar tata cara nyetir di jerman dalam bahasa inggris ? bahasa jerman ku masih blum bagus punya …terima kasih

  2. Hallo… Saya sedang dalam proses untuk mendapatkan SIM jerman dengan cara Umschreiben. Saya sudah ke Fahrschule dan Fahrschule sudah mengajukan ke Führerscheinstelle. Kekurangan dokumen saya adalah terjemahan SIM Indonesia.
    Yang ingin saya tanyakan, apakah terjemahan ke dalam bahasa Jerman harus dari ADAC? Jika saya memberikan terjemahan dari penerjemah Indonesia (tersumpah dari Kedutaan Jerman) namun dalam wujud print dari scan di email yang saya terima dari penerjemah di Indonesia, diterima tidak ya kira-kira…?
    Terima kasih sebelumnya.

  3. Hallo, terima kasih untuk informasinya. Mungkin setiap kota maupun negara bagian memiliki peraturan yang berbesa beda. Pengalaman saya saat ingin membuat sim umschreibung di Hannover, katanya SIM Indonesia tidak dikenali. Sepertinya berbagai macam alasan disampaikan si petugas yang kukuh harus buat lagi dari awal.

  4. Hallo,

    mau tanya nih..kalo sim indonesia saya Sudah habis Masa berlakunya,apakah masih Bisa umschreiben ya?atau Harus dari nol atau harus buat sim indonesianya baru dulu,diperpanjang maksudnya Baru stlh itu membuat sim jerman..Tolong tips Ya.

    terimakasih banyak ya

    teho

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s